Senin, 14 Desember 2020

4 Langkah Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah

Menanam Bawang Merah

Salah satu bumbu masakan yang seringkali ditemukan di dapur adalah bawang merah. Selain enak untuk dijadikan bumbu masakan, ternyata bawang merah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak fungsi bawang merah ini karena memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Adapun salah satu manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Bagi anda sedang mengalami gangguan pencernaan, bisa coba mengonsumsi bawang merah ini. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada bawang merah ini sangat baik untuk pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Selain itu, bawang merah juga dapat mencegah diare, sembelit, sebagai obat antiradang dan memperlancar sistem pernapasan. Oleh karena itu, bagi penderita asma dan alergi direkomendasikan untuk mengonsumsi bawang merah.

Dengan begitu banyaknya manfaat dari bawang merah ini, sehingga tidak ada salahnya kalau anda coba menanam sendiri bawang merah ini di rumah, karena memang cara menanamnya juga cukup mudah.

Adapun 4 langkah cara menanam bawang merah di rumah adalah sebagai berikut :

1. Siapkan Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk menanam bawang merah di rumah, dibutuhkan beberapa peralatan seperti :

- Pot/Polybag

- Tanah Subur

- Media Tanam

- Bibit Bawang Merah

Tidak sulit untuk mencari bibit bawang merah. Anda cukup mencarinya di dapur yang bentuknya paling bagus dan segar

2. Cara Menanam Bawang Merah

- Setelah semua bahan yang diperlukan terkumpul, langkah selanjutnya adalah campurkan tanah subur dan media tanam. Kemudian masukkan ke dalam pot/polybag. Penuhi campuran tanah tersebut ke dalam pot sampai ¾ isi.

- Lalu  ambil beberapa bawang merah yang paling bagus. Hindari memilih bawang merah yang sudah ada bercak hitamnya karena bisa menyebabkan tanaman terkena penyakit.

- Potong sedikit bagian ujung bawang hingga terlihat daging bawangnya. Jika bawangnya sudah ada tunasnya, maka tidak usah dipotong lagi.

- Letakkan bawang-bawang tersebut di tanah dengan kedalaman 5 cm lalu timbun dengan tanah. Tidak usah menekan tanah timbunannya. Biarkan ada rongga-rongga di tanah tersebut.

- Lalu siram secara rutin pada pagi dan sore hari. Untuk meyiramnya anda gunakan semprotan tanaman supaya tidak membuat bibit rusak.

3. Cara Merawat Tanaman Bawang Merah

Siram tanaman bawang merah di pot sebanyak 2 kali sehari. Hindari menyiram yang berlebihan supaya bawang tidak busuk. Selain itu, tempatkan pot/polybag di area yang terkena sinar matahari supaya pertumbuhannya maksimal. Jangan menaruh terlalu banyak bawang di dalam pot karena akan terlalu sempit. Namun, berilah jarak agak jauh guna perkembangan bawang di tanah.

4. Cara Memanen Bawang Merah

Biasanya bawang merah ini sudah bisa dipanen setelah usia 60-90 hari penanaman. Jika anda ingin melihat ciri bawang merah siap panen adalah cari daun yang sudah agak layu dan kering. Atau anda juga bisa melihat bagian tanah pot tersebut, dimana bawang yang siap panen biasanya akan terlihat menyembul ke atas. Setelah dipanen, bawang ini bisa langsung dikonsumsi untuk rasa yang segar. Sementara sisanya bisa anda jemur selama 1-2 minggu untuk mengurangi kandungan air. Karena bawang yang sudah berkurang kandungan airnya akan bisa lebih awet disimpan serta tidak mudah busuk.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang 4 cara menanam bawang merah di rumah, semoga ada guna dan manfaatnya.