Jumat, 02 Oktober 2020

Tips Membeli Genset

Genset

Genset adalah akronim dari “Generator set”, yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Mesin pembangkit kerja pada genset biasanya berupa motor yang melakukan pembakaran internal, atau mesin diesel yang bekerja dengan bahan bakar solar atau bensin. Generator adalah alat penghasil listrik. Prinsip kerja generator, yaitu mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik.

Untuk Anda yang berencana membeli genset, sebagai persiapan apabila sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik kembali, berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli genset:

1. Ketahui Daya Kekuatan yang Anda Butuhkan

Generator dijual dengan output daya yang diukur dalam watt. Cek kembali daftar peralatan apa saja yang Anda inginkan untuk menyala. Hitung watt total yang dibutuhkan. Saat memilih genset, lebihkan daya genset dari daya total yang dibutuhkan peralatan Anda. Hal ini untuk berjaga-jaga jika Anda nantinya membutuhkan pemasangan alat lain sewaktu-waktu.

2. Pilihlah Jenis Generator yang Sesuai

Generator memiliki beberapa jenis. Seperti generator tipe portable, home standby generator yang perlu pemasangan permanen, serta generator inverter. Generator tipe inverter serta generator portable menjadi generator yang banyak dipilih. Jenis inverter umumnya suaranya lebih tenang dibanding jenis-jenis generator yang lain.

Generator portable, lebih disukai karena biasanya memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan yang lainnya. Namun generator portable biasanya menghasilkan gas karbon monoksida yang jauh lebih banyak, sehingga pemakainannya harus berhati-hati dan hindari ruangan tertutup saat menempatkannya.

3. Perhatikan Fitur-fitur yang Ditawarkan

Saat membeli genset, maka perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan, seperti fitur start otomatis menyala saat listrik padam, atau tombol start listrik tanpa harus susah-susah menarik mesin. Pertimbangkan pula fitur yang ditawarkan dengan harganya. Apakah sesuai dengan kondisi dompet Anda atau tidak. Anda juga bisa mempertimbangkan aksesoris bawaan seperti kondisi kabel dan keberadaan kit rodanya.

4. Pertimbangkan soal Bahan Bakar

Genset ada beberapa jenis. Masing-masing genset biasanya memiliki bahan bakar yang berbeda-beda. Macam-macam bahan bakar genset biasanya adalah propana, bensin, ataupun solar

Bila anda membutuhkan genset baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri namun belum dapat membelinya dapat juga melakukan penyewaan. Anda dapat sewa genset di tempat yang baik memiliki tim yang ahli dan kualitas genset baik di https://sewatama.com/